Selasa, 23 September 2008

Senangnya Bermain Ramai-ramai

Di saat teman-teman ataupun sanak saudara berkumpul dari pada kita ngomongin orang-orang dan berangan-angan yang tidak jelas, sebaiknya kita gunakan dengan melakukan permainan non-elektronik yang menggunakan papan permainan (boardgames) sebagai salah satu komponennya. Komponen lainnya bisa berupa kartu,token,uang kertas atau koin, dan lainnya. Tidak usah kebingungan, karena jenis dari boardgames ini banyak jenisnya. Jadi tinggal pilih yang mana yang kita sukai.

1 1)Monopoli

Bisa dibilang ini boardgames yang sangat terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang lebih sederhana. Hitung-hitung kita jadi bisa belajar ekonomi.

Cara permainannya :

1. Setiap permainan mulai dengan bidaknya di kotak awal permainan yang disebut kotak “start” dan secara bergiliran melemparkan dadu.

2. Bidak dijalankan sesuai dengan jumlah mata dadu yang muncul

3. Apabila ia sampai di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera.

4. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar permainan itu dengan uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan.

5. Jika pemain sampai di petak “dana umum” atau “kesempatan” ,pemain berkesempatan mengambil kartu sesuai petak dan harus menuruti perintah yang tertulis di kartu.

6. Pemenangnya adalah pemain yang mendapat uang paling banyak dengan memiliki petak yang banyak juga.

2) Ular Tangga

Permainan jenis ini yang sangat sering mengisi waktu kita waktu kecil. Sebenarnya ular tangga ini tidak hanya untuk anak kecil, tapi karena cara bermainhnya mudah jadi kadang kita jadi merasa kurang tertantang saja. Padahal, jika kita memainkannya ramai-ramai bakal seru juga. Papan permainan ular tangga ini dibagi dalam kotak-kotak kecil dan dibeberapa kotak digambar sejumlah “tangga” atau “ular” yang menghubungkannya dengan kotak lain. Tidak ada papan permainan standar dalam ular tangga - setiap orang dapat menciptakan papan mereka sendiri dengan jumlah kotak, ular dan tangga yang berlainan.

Cara permainannya :

1. Setiap pemain mulai dengan bidaknya di kotak pertama (biasanya kotak di sudut kiri bawah) dan secara bergiliran melemparkan dadu. Bidak dijalankan sesuai dengan jumlah mata dadu yang muncul.

2. Bila pemain sampai di ujung awah sebuah tangga, mereka dapat langsung pergi ke ujung tangga yang lain. Bila mendarat di kotak dengan ular, mereka harus turun ke kotak di ujung bawah ular.

3. Pemenang adalah pemain yang pertama kali yang mencapai kotak terakhir. (biasanya bila seorang pemain mendapatkan angka 6 dari dadu, mereka mendapat giliran sekali lagi. Bila tidak, maka giliran jatuh ke pemain selanjutnya.)

3) 3) Ludo Game

Permainan yang ini, kita harus bisa memperhitungkan langkah kita dengan baik. Karena kalau kita salah langkah, bisa-bisa yang tadinya kita terdepan jadi paling belakang. Jumlah pemain antara 2-4 orang, dan kita harus berstrategi untuk memindahkan 4 bidak dengan menggunakan dadu.

Cara permainannya :

1. Pilih 4 bidak yang sama warnanya dan letakkan pada 4 lingkaran di area yang sama warnanya dengan pion.

2. Lempar dadu bergantian. Giliran pertama adalah yang memperoleh angka dadu terbesar, kemudian diikuti yang lain sesuai besar angka dadu yang diperoleh.

3. Untuk melangkahkan bidak, pemain harus mendapat angka dadu 6 (aturan ini bisa tidak dipakai.)

4. Setelah itu, lempar dadu dan garakkan bidak ke kotak jalur luar sesuai arah panah, jumlah angka dadu yang diperoleh. Apabila pemain mendapat angka dadu 6, ia boleh melempar dadu lagi. Namun bila sampai ketigakalinya masih mendapat angka 6, maka pemain tidak boleh bergerak lagi.

5. Ketika bidak telah mengelilingi sirkuit dan sampai di jalur berwarna di areanya, pemain harus mendapat angka dadu yang tepat nilainya untuk mencapai HOME.

6. Pemenangnya adalah pemain yang paling cepat meletakkan keempat bidak di HOME

4) 4) Halma

Permainan satu ini menguji ketelitian kita dalam malihat peluang-peluang yang ada untuk melangkah jauh ke depan. Cara bermain halma ini pada intinya memindahkan bidak dari satu area ke area lain yang sama warna dan susunannya. Intinya kita harus bisa mengaturnya startegi untuk melompati bidak milik lawan kita, supaya cepat masuk ke dalam area yang kita inginkan.

Cara Permainnannya:

1. Siapakan papan dan susun bidak pada area segitiga yang sama warnanya dengan bidak. Permainan ini dimainkan oleh 2-3 orang.

2. Mulailah melangkahkan bidak dengan mengikuti garis hitam ke bulatan hitam di area permainan secara bergiliran.

3. Bidak hanya melangkah satu langkah apabila di depannya area kosong. Namun tidak dapat melangkah lebih dari satu langkah dengan meloncati bidak-bidak lain, dengan tetap mengikuti alur garis yang ada.

4. Dalam melangkah, masukkan bidak ke area segitiga di seberang yang sama warnanya dan susun secara tepat agar area segitiga dapat terisi dengan penuh.

5. Pemenangnya adalah pemain yang paling cepat memindahkan semua bidaknya ke area segitiga di seberang.

5) 5)Othello

Othello adalah salah satu permainan tradisional yang cukup terkenal yang berasal dari daerah jepang. Pemainnya dua orang. Tempat permainannya berupa suatu papan dengan kotak berjumlah 8*8. Masing-masing pemain memiliki jumlah biji dengan warna yang berbeda, satu pemain berwarna hitam dan yang lainnya berwarna putih.

Cara permainannya :

1. Tiap pemain berusaha untuk mengganti warna biji lawan menjadi warna biji miliknya dengan menjepit atau memblok biji-biji musuh baik itu secara vertikal,diagonal,maupun horizontal.

2. Pemenangnya adalah pemain dengan jumlah biji terbanyak, setelah semua tempat penuh terisi.

6) 6)Scrabble

Jika ingin bermain sambil melatih perbendaharaan kata kita, coba bermain scrabble. Scrabble adalah permainan menyusun kata, baik itu bahasa asing maupun bahasa Indonesia, yang dimainkan oleh 2 sampai 4 orang. Setiap pemain akan mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keeping huruf di atas papan penerimaan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris). Biji bermain berupa keping berbentuk bujur sangkar yang bertuliskan huruf pada salah satu sisi.

Cara permainannya:

1. Pemain mengambil tujuh buah keping huruf dari kantong

2. Ketika gilirannya tiba, pemain harus berusaha menyusun kata secara mendatar atau menurun seperti teka-teki silang. Kata-kata yang dibuat harus merupakan kata yang diizinkan untuk dimainkan berdasarkan kamus standar sesuai dengan bahasa yang dimainkan.

3. Pemain yang mengumpulkan total poin tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.

7) 7 )Twister

Permainan satu ini terbilang baru, tetapi tingkat keseruannya tidak perlu diragukan lagi, apalagi jika dimainkan beramai-ramai. Komponennya terdiri dari tikar polos berisi lingkaran-lingkaran berwarna-warni dan sebuah papan dengan jarum penunjuk yang bisa berputar. Kalau jarumnya berhenti di lingkaran biru dengan tulisan kaki kanan, berarti kaki kanan kita harus ditaruh di lingkaran biru di tikar. Permainan semakin lama akan bertambah seru karena bisa jadi di suatu posisi kepala kita berada tepat di bawah perut lawan main, atau posisi tubuh kita berada dalam posisi yang tidak diduga-duga dan bikin kita sulit bergerak untuk posisi selanjutnya.

Cara bermainnya:

1. Semua pemain melepas sepatu dan berdiri di atas alas dengan satu kaki di lingkaran kuning dan satu kaki lagi di lingkaran biru. Pilih orang untuk bertindak sebagai pemutar panah pada papan.

2. Orang tersebut akan memutar panah, dan pada saat panah berhenti, pemain harus menempatkan posisi sesuai dengan yang ditunjuk oleh panah. (contoh: tangan kanan pada lingkaran biru, kaki kiri pada lingkaran hijau), begitu seterusnya. Bagian tubuh yang sama dari kedua pemain tidak boleh berada pada satu lingkaran. Jadi pemain harus meregangkan badannya untuk mencapai lingkaran dengan bagian tubuh yang dimaksud.

3. Pemain akan gugur bila siku tangan atau lututnya menyentuh tikar.

4. Begitu pemain sudah menempatkan bagian tubuhnya pada lingkaran yang dimaksud, mereka boleh mengangkat bagian tubuhnya sementara pemain lain lewat, tetapi kemudian pemain tersebut harus menaruhnya kembali.

5. Pemenangnya adalah grup yang paling lama bertahan tanpa terjatuh.

Tidak ada komentar: